WISATA BLORA : CAGAR BUDAYA GOA PAWON NINGALAN

00.15 Unknown 0 Comments

Hasil gambar



Goa Pawon, kalau kamu ketikkan dua kata tersebut pada kotak dialog GOOGLE, maka yang akan keluar adalah Goa Pawon di daerah Jawa Barat. Hmmm... tapi kali ini Goa Pawon yang akan saya ceritakan adalah Goa Pawon di dukuh Ningalan desa Ngraho Kecamatan Kedungtuban.  Awalnya goa ini merupakan lubang kecil saja yang kemudian semakin hari semakin bertambah lorong-lorongnya, hmm kenapa ? :D

Disebut Goa Pawon karena di sinilah terdapat aktivitas warga setempat membuat pawon ( tungku ). Saya pertama kali berkunjung ke Goa Pawon sekitar tahun 2007. Ketika itu saya diajak oleh kawan saya yang kebetulan rumahnya di dekat lokasi Goa Pawon untuk menghadiri acara sedekah bumi. Dan akhirnya saya juga diajak untuk berkunjung ke Goa Pawon.

Hasil gambar

Nah ... di sinilah gambaran saya tentang pawon selama ini musnah heheh. Bagaimana tidak? Selama ini saya membayangkan cara membuat pawon adalah dengan menggunakan tanah liat/ lempung yang dibentuk sedemikian rupa lalu dikeringkan dan dibakar. Sama seperti pembuatan tembikar, karena memang seperti itulah cara saya membuat prakarya di sekolah. Tapi ternyata tidak demikian kawan. Alih-alih menggunakan tanah liat, pawon dibuat dengan cara memotong batu padas ( kayaknya namanya gitu ) langsung dari asalnya ( bumi lah yaa ). Batu yang sudah diambil tadi lalu dibentuk menjadi pawon dengan cara dipahat. Setelah itu barulah dikeringkan dan dibakar.

Sungai Jernih di bawah Gua Pawon
Kedungtuban
Hmmm memotong batu dari atas seperti itu adalah hal yang sangat berbahaya. Dan memang menurut kawan saya pernah ada kejadian goa itu runtuh. Astagfirullah...

Kegiatan warga membuat pawon dengan memotong batu itu sudah turun temurun. Dan dari batu yang terus menerus diambil itu ternyata menjadikan lorong yang kian sambung-menyambung lho,,, Dan ajaibnya, ada air menetes dari langit-langit dan dinding goa.

Sungai Jernih di bawah Gua Pawon
Kedungtuban
Untuk menyusuri Goa Pawon ini kamu membutuhkan senter ya guys. Karena semakin ke dalam semakin gelap. Goa Pawon ini berada di tepi sungai kecil yang airnya cukup jernih, hmm kebayang kan semakin asyiknya suasana sekitar.

Oh ya Goa ini ramai dengan anak-anak remaja ketika hari libur. Terakhir kali saya ke sana bersama kawan-kawan KOMPPAK ( Komunitas Pelajar Pecinta Alam Kedungtuban ) tahun 2013 kemaren. Kamu mau ke sana ? Hayuukkkk ....



Sungai Jernih di bawah Gua Pawon
Kedungtuban



Sungai Jernih di bawah Gua Pawon
Kedungtuban

Sungai Jernih di bawah Gua Pawon
Kedungtuban

Gua Pawon (Kedungtuban-Blora)

Gua Pawon (Kedungtuban-Blora)

You Might Also Like

0 komentar: